Bersinergi, PC NU Kab. Malang MoU dengan Museum Gubug Wayang

berita terbaru nu kita
Penandatanganan MOU oleh Ketua PCNU dengan Pihak Museum Ganesa Malang. (Foto: Nukita.id)
Minggu, 04 April 2021 - 21:42 WIB | Dilihat: 719

NUKITA.ID, MALANG – Guna menjaga sinergitas antara NU dan para seniman dan budayawan terhadap kesenian dan budaya yang ada di Indonesia, PC NU Kab. Malang menyepakati MoU bersama Museum Ganesa Malang dan Museum Gubug Wayang Mojokerto. 

MoU ditandatangi langsung oleh Ketua PC NU Kab. Malang dan perwakilan dari Museum Ganesa dan Museum Gubug Wayang. Kegiatan ini bertepatan dengan acara puncak Harlah Lesbumi Ke-59 di Pendopo Agung Kab. Malang pada Sabtu (3/4).

Selain itu, kegitan ini juga di meriahkan dengan sejumlah pertunjukan dari berbagai MWC Lesbumi, diantaranya penampilan pencak silat Pagar Nusa, tarian sufi, Tembang Macapat, tarian jawa serta menyuguhkan lukisan Pendiri NU Kab. Malang. 

Gelaran ini menandakan bahwa keragaman budaya melalui nilai-nilai seninya bisa memupuk persaudaraan, serta kesatuan bangsa dan negara. 

Kerjasama ini diharapkan bisa memberikan wadah untuk warga Nahdliyin dalam mengembangkan roda organisasi dan juga ikut andil menjaga dan merawat budaya melalui berbagai keseniaan. 

Wayang Potehi yang langsung dimainkan oleh dalang Pak Yupi juga turut meramaikan rangkaian acara dengan tema "Indahnya kesatuan dan Persatuan." 

Merah dan megahnya panggung Wayang Potehi memberikan kesan keindahan tersendiri dalam acara ini. Dimana Wayang Potehi sendiri merupakan wayang tertua di Indonesia dan tetap terjaga sampai saat ini. 

Menariknya, yang merawat wayang-wayang Potehi ini adalah orang-orang islam. Inilah bukti bahwa orang islam khususnya NU benar-benar menjaga dan merawat peninggalan seni dan budaya Indonesia. (*)


Pewarta : Roikhatul Zahra
Editor : Tim Nukita
Tags : , , , , ,

Comments: