Mencegah Corona dengan Masker Kain untuk Pekerja Lintas Daerah

Suasana saat pengerjaan masker kain (Foto: Dok/NuKita)

NUKITA.ID, MALANG – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Babat Jagad Tjokorda dan Komunitas Milenial Malang Melawan Corona membuat ratusan masker kain, Senin (6/4/2020). Masker itu akan di donasikan kepada masyarakat dan tenaga kerja lintas daerah di daerah Malang.

Pembuatan masker itu diharapkan mampu membantu pemerintah daerah di Malang Raya dalam upaya pencegahan wabah virus corona atau Covid-19. Terlebih, wabah corona masih menjadi ancaman di Malang.

Data kasus pasien positif corona di Malang Raya per tanggal 5 April berjumlah 14 orang. Tersebar di Kota Malang lima orang, Kabupaten Malang delapan orang dan Kota Batu satu orang.

Ratusan masker kain itu dibuat di posko sukarelawan yang digunakan sebagai tempat pembuatan masker kain dan tempat penerimaan bantuan kain bekas yang terletak di Jalan Trunojoyo, Sukosari, Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Di posko itu empat orang penjahit dan lima orang relawan yang membantu pembuatan masker kain. Bahan yang digunakan merupakan kain yang berasal dari bantuan masyarakat sekitar, toko sablon dan pabrik konveksi melalui penggalangan online.

"Untuk jiwa kita sebagai kader pengerak semoga semanggat tetap merajai dan membara dalam jiwa kita, boleh resah namun sewajarnya, kita disini saling membantu dan menjaga diri agar wabah corona ini cepat berlalu," kata Ketua Rayon Babat Jagad Tjokorda, Muh Yunus.

Yunus berharap, donasi masker kain dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pencegahan wabah corona. Yunus meminta supaya pembuatan masker kain itu segera rampung sehingga bisa segera didonasikan kepada masyarakat Malang Raya dan tenaga kerja lintas daerah.(*)

Comments